Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam temen-temen, kali ini admin mau ngasih informasi nih. Biar lebih akrab, kita ngobrolnya pakai bahasa yang santai aja ya. Tapi tetep serius kok.

jadi begini, sehubungan dengan situasi yang belum juga kondusif sebab adanya pandemi (Covid-19) ini, maka ada beberapa perubahan yang ingin kami sampaikan.

Tapi Perlu temen-temen ketahui juga, biasanya seleksi masuk Darus-Sunnah (Mahasantri) menggunakan 2 tahap penyeleksian. pertama seleksi tulis dan yang kedua seleksi lisan.

Pada tahap ujian tulis, peserta diwajibkan menjawab 100 soal dengan batas waktu yang telah ditentukan panitia. Banyak yang bilang tes ini lebih berat dari TOAFL atau tes mesir (menurut admin juga begitu sih, karena udah pernah nyobain dua-duanya. Hehe) lantaran hampir semua soal bersifat analitis. Diambil dari berbagai cabang ilmu keislaman seperti ilmu hadis, fikih, nahwu, sharf, balaghah dan lainnya. Ya, kira-kira seperti itulah. Biasanya tahap ini menyisakan antara 40 orang putra dan 30 orang putri.

Tahap kedua, ujian lisan. Ditahap ini, peserta di uji langsung oleh dewan asatidz maupun alumni senior Darus-Sunnah. One by one ditanya mengenai pengetahuan dan kemampuannya. wawancara menggunakan bahasa Arab ya, kecuali tes bahasa Inggris dengan pengantar Inggris dan psikotes dengan pengantar bahasa Indonesia. Tes lain selain 2 barusan di tahap lisan ini ada B. Arab, praktikum qiroah, ilmu hadis, dan fahmul maqru.

Oke itu tadi selayang pandang mengenai tes masuk Darus-Sunnah tahun-tahun sebelumnya ya.

Adapun perubahan ditahun ini cukup signifikan. Tes tulis diganti dengan pemberkasan. Itu loh ngirim berkas-berkas nilai, prestasi, sertifikat, wa akhwatuha. Dan yang kedua, tes lisan menjadi wawancara via daring.

lebih lengkap silahkan kita cermati ketentuannya di link berikut:

https://s.id/KetentuanSPMBDarsun2020

Nah, oleh karena itu patut kita syukuri bahwa perubahan peraturan yang ditetapkan panitia ini semata-mata mempermudah teman-teman dalam proses pendaftaran🙂.

Okk mungkin demikian yang bisa admin infokan. Segera daftar sebelum lewat tenggat waktunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

✨ SPMB DARUS-SUNNAH 2020✨