Jelang acara puncak Haul Kiai Ali Mustafa yang diselenggarakan di Darus-Sunnah International Insitute for Hadith Sciences, para santri memulai acara dengan khataman al-Quran, baik Bil ghoib (Hafalan) maupun Bin nadzor (melihat mushaf).

Khataman ini dirancang dari jauh-jauh sebelum acara puncak diselenggarakan. Para asatidz, musyrif serta mahasantri terlebih dahulu mendiskusikan rundown serta teknisnya.

Khataman bil ghoib dimulai sejak kemarin Jumat, 6 April 2018 dan terus berlanjut hingga hari ini, Sabtu, 7 April 2018. Dimulai sejak Jumat pagi, jam 07:00 WIB, santri Madrasah, Mahasantri dan Musyrif serentak menuju masjid Muniroh Salamah untuk mengawali detik-detik puncak acara haul ke-2 dengan khataman bil ghoib.

Pada hari ke-2, Khataman bil ghoib dilaksanakan di Gedung baru, karena masjid menjadi lokasi khataman bin nadzor.

Adapun bin nadzor baru diselenggarakan pada hari ini, Sabtu 7 April 2017 dengan konntribusi mahasantri sebagai pembaca serta mustami’ (penyimak). Teknisnya sederhana, dengan menugaskan tiap angkatan untuk membaca al-Quran di masjid, diawali oleh agkatan Ahibba yang bertugas membaca dari juz 1 sampai 7, dari pukul 07:00 – 09:00 WIB.

Selanjutnya angkatan Mazaya bertugas membaca dari juz 8-15 dari pukul 09:01 – 11:00 WIB. Setelah angkatan Mazaya, angkatan IHNA langsung bertugas dari juz 16-22 dari pukul 11:01 – 13:00 WIB. Terakhir, adalah angkatan ash-Shuffah yang akan membaca dari juz 23-30 dari pukul 13:01 – 15:00 WIB. Dalam khataman bin nadzor, pembagian tiga juz awal menggunakan mikrofon dengan tartil, adapaun sisanya membaca tanpa menggunakan mikrofon.

Tak hanya santri putra, santriputri pun turut meramaikan puncak acara haul ini dengan khtaman bil ghoib dan bin nadzor.