GEMA SHOLAWAT ROHATIL & YALAL WATHAN; Sebuah Pesan Cinta akan Nabi dan Cinta pada Negara

Published by sopyan munir on

Sebagaimana tradisi di pesantren-pesantren tradisional, pembacaan maulid adalah sebuah upaya mengingat, mempelajari, dan mengambil hikmah dari serangkaian time line perjalanan hidup rasulullah Saw. Biasanya, kitab yang dibaca adalah al-Barzanji karya Sayyid Ja’far al-Barzanji (wafat 1177 H), ad-dibai karya Imam wajihuddin Abdurrahman ad-Dibai (wafat 944 H), Shimth ad-durar karya al-habib Ali bin Muhammad al-Habsyi (wafat 1333 H), atau ad-dhiau al-lami’ karya al-habib Umar bin Hafidz (lahir 27 Mei 1963 M – sekarang).

Malam ini, Kamis 23 Januari 2020 Segenap Santri dan Mahasantri Darus-Sunnah bercampur baur duduk bersimpuh sembari melangitkan sholawat cinta pada baginda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam. Kegiatan rutinitas ma’had tersebut berisi lantunan puji-pujian dan juga pembacaan Maulid gubahan Sayyid Ja’far al-Barzanji. Dalam pembacaan tersebut tak lupa para mahasantri melantunkan sholawat dengan iringan hadhrah yang membuat suasana masjid munirah salamah menjadi lebih bergema, menuntun para jama’ah untuk ikut berpartisipasi melantunkannya beramai-ramai.

Sebagai pamungkas pembacaan maulid, para santri dan mahasantri beramai-ramai menyenandungkan sholawat rohatil dan yalal wathon yang mana isi dari sholawat pertama merupakan ungkapan kegembiraan semesta mendengar kabar kelahiran sang rosul tercinta. Lirik berbahasa indonesianya yang mudah difahami, juga merupakan serangkaian peristiwa penting yang dialami sang baginda, entah suka menggembira maupun duka yang menimpa.

Adapun pesan sholawat kedua, adalah upaya agar selalu mencintai tanah air, melindunginya dari apapun yang sekiranya akan memecah belah dan merusaknya, entah dari propaganda, intoleransi dan sara, serta terhindar fitnah bermunculannya raja-raja.

Dari dua sholawat tersebut, tersirat pesan moral agar melekat pada diri kita kecintaan yang kuat pada Nabi Muhammad Saw dan cinta akan bumi pertiwi. Indonesia.


0 Comments

Leave a Reply