Selamat Datang di Darus-Sunnah

Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences adalah tempat pengkajian Islam yang fokus pada studi hadis dan ilmu-ilmu keislaman yang berkaitan. Pesantren ini didirikan pada tahun 1997 M/ 1418 H oleh Pelayan Hadis Indonesia Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA. Darus-Sunnah berlokasi di Ciputat, berdekatan dengan lokasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setelah berlalu 19 tahun, lebih dari 250 mahasantri telah lulus dari Darus-Sunnah dengan predikat gelar Lc (License)/ Sarjana Hadis, yang juga telah turut berdakwah di berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri, seperti di Papua, Pulau Buru, serta di Malaysia bahkan di Amerika Serikat.

Sebelumnya, pendidikan mahasantri di Darus-Sunnah dibebaskan dari biaya. Namun sejak tahun 2014, mahasantri dikenakan biaya SPP bulanan dan pembayaran donasi wakaf. Selain itu, Darus-Sunnah meneguhkan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan dan pembelajaran di Darus-Sunnah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi panitia Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru (SPMB) Darus-Sunnah jika Anda adalah santri yang aktif, kreatif, serta inovatif.

 

Pendahuluan

Pembelajaran dan Pengkajian Ilmu Hadis di Indonesia terhitung masih sangat jarang dan lemah. Salah satu konsekuensinya adalah maraknya penyebutan kutipan-kutipan ataupun dalil-dalil di masyarakat yang diakui sebagai hadis, padahal pada kenyataannya palsu. Sebagaimana diketahui bahwa sosok muhaddits secara literer belum ditemui di Indonesia. Urgensi hadis sebagai sumber hukum Islam kedua, maka dibutuhkan sosok yang mampu memberikan pemahaman tentang hadis secara tepat, sebagaimana Al Quran perlu disampaikan pula dengan benar di masyarakat.

Berdasarkan keadaan itu, pada tahun 1997 M/ 1418 H Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA. mendirikan  Darus-Sunnah di Ciputat, berdekatan dengan lokasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta membuka pula Darus-Sunnah Malaysia pada 2010 M/1432 H.

 

Tujuan

Tujuan didirikannya Pesantren ini adalah menyiapkan generasi yang memahami agama Islam dengan benar sebagaimana diamalkan salafus shalih. Pesantren ini juga mengembangkan dan menyebarkan hadis serta ilmunya, baik dalam studi dan pengamalan.

 

Biaya Pendidikan dan Asrama

Sebelumnya, pendidikan mahasantri di Darus-Sunnah dibebaskan dari biaya. Namun sejak tahun 2014, setiap mahasantri dikenakan biaya SPP bulanan dan pembayaran donasi wakaf untuk pembangunan pesantren. Untuk informasi perinciannya, silakan hubungi panitia Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru (SPMB) Darus-Sunnah

 

Asrama Mahasantri

Setiap mahasantri diwajibkan untuk tinggal di asrama pesantren selama masa pendidikan di Darus-Sunnah, dan ruangan serta kelas yang terpisah untuk mahasantri putra dan putri.

 

Peraturan Studi dan Waktu Pembelajaran

Sistem Pembelajaran di Darus-Sunnah adalah usaha kombinasi antara sistem pendidikan pesantren dan perguruan tinggi, juga antara praksis peng­amalan dan budaya kajian p­emikiran.

Masa pendidikan terhitung 4 tahun/8 semester setingkat sarjana dan mendapat predikat lulusan License (Lc.). Waktu pembelajaran terbagi 2, yaitu pengajian pagi pukul 05.00 (ba’da Subuh) – 06.30 dan pengajian malam pukul 20.00 (ba’da Isya’) – 21.30.

 

Ekstrakurikuler dan Pengembangan Mahasantri

Darus-Sunnah International Institute selain mengadakan pembelajaran setiap harinya, juga memiliki organisasi sebagai wadah pengembangan minat dan bakat mahasantri, yakni sebagai berikut:

  1. IMDAR (Ikatan Mahasantri Darus-Sunnah) Putra dan Putri
  2. Lembaga Tahfizh Al Quran “Al Itqon”
  3. Lembaga Pers Mahasantri (LPM) NABAWI
  4. Lembaga Kajian dan Riset RASIONALIKA
  5. Sistem Informasi Darus Sunnah "SIDS"
  6. Pengembangan Bahasa Arab dan Inggris, masing-masing selama dua minggu setiap bulan

 

Pengajar Darus-Sunnah

Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Darus-Sunnah yang dipimpin Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA.

 

Syarat Penerimaan Mahasantri

  1.  
  1. Mahasiswa perguruan tinggi semester 1 atau 3 di Jakarta dan sekitarnya
  2. Menyerahkan formulir pendaftaran disertai 1 lembar foto ukuran 2×3 dan 3×4
  3. Melunasi pembayaran biaya SPMB Darus-Sunnah sebesar Rp. 180.000,-
  4. Mengikuti ujian Seleksi Mahasantri Baru 2016

 

  1.  Waktu dan Tempat Pendaftaran

Gelombang

Tanggal Pendaftaran

Tempat

Gelombang 1

15 Maret – 31 Mei 2016

  • Sekretariat SPMB Darus-Sunnah

Gelombang 2

31 Maret – 28 Juni 2016

  • Sekretariat SPMB Darus-Sunnah

 

  • Stan Pendaftaran SPMB Darus-Sunnah akan dibuka di Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan halaman parkir Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai tanggal 15 Mei – 26 Juni 2016
  • Pendaftaran online melalui spmbdarussunnah.net dibuka mulai tanggal 15 Maret – 26 Juni 2016
  • Pembayaran pendaftaran SPMB dapat dilakukan via transfer. klik alur pendaftaran online 

 

  1. Ujian Seleksi

Gelombang

Tanggal Ujian Tulis

Pengumuman Ujian Tulis

Materi Ujian

Gelombang 1

Sabtu, 4 Juni 2016 di Darus-Sunah International Institute for Hadith Sciences

Kamis, 30 Juni 2016, pengumuman bisa diakses di darussunnah.id dan laman media sosial Panitia.

  • TOAFL
  • Bahasa Arab
  • Pengetahuan ilmu hadis dan hukum Islam
  • Bahasa Inggris
  • Fahmul maqru’
  • Al Quran
  • Psikotes.

Gelombang 2

Selasa, 28 Juni 2016 di Darus-Sunah International Institute for Hadith Sciences

 

                Peserta yang lolos ujian tulis SPMB Darus-Sunnah, dilanjutkan dengan ujian lisan di Darus-Sunnah pada:

                Putra     : Ahad, 24 Juli 2016 pukul 08.00 WIB – selesai

                Putri      : Senin, 25 Juli 2016 pukul 08.00 WIB – selesai

  1. Pengumuman Kelulusan dan ORASI
  1. Kelulusan dinilai dari hasil ujian seleksi
  2. Hasil ujian lisan dan pengumuman kelulusan mahasantri baru diumumkan pada Rabu, 27 Juli 2016.
  3. Mahasantri yang dinyatakan lulus wajib mengikuti kegiatan pembelajaran yang dimulai pada Jumat, 29 Juli 2016 dan mengikuti ORASI (Orientasi Mahasantri) pada Sabtu-Ahad, 30 dan 31 Juli 2016.

Daftar SPMB Darus Sunnah 2016 DISINI

 

Leave a Reply