Tertarik dengan dunia Hadis? Ingin bias mencari sumbernya? Ingin tau seluk-beluk ilmu hadis secara mendalam? Ingin punya sanad keilmuan hadis yang bersambung hingga Rasulullah?

Anda dapat bergabung di sekolah Hadis Darus-Sunnah.

Sekolah Hadis ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Dibimbing langsung oleh para dosen ahli selama masa pembelajaran,
  • Bebas mengikuti seluruh kegiatan akademik maupun non-akademik Darus-Sunnah,
  • Bebar berbaur dengan Mahasantri dan mengikuti atmosfer pengajian Hadis secara langsung di Darus-Sunnah; pesantren pertama di Indonesia yang focus pada pengembangan diskursus Hadis,
  • Wisuda dan anugrah ijazah beserta sanad keilmuan Hadis Darus-Sunnah yang bersambung hingga Rasulullah.

Disini kami membagi jenjang dan masa pembelajaran kepada lima bagian:

  1. Jenjang ULA 1, diperuntukkan bagi seluruh kalangan (masyarakat umum/ mahasiswa S1/ S2/ S3),
  2. Jenjang ULA 2, diperuntukkan bagi mahasiswa S2/ S3, atau bagi masyarakat umum/ mahasiswa S1 yang memiliki sertifikat lulus jenjang ULA 1, atau pernah mengikuti Sekolah Takhrij yang diadakan di Darussunnah,
  3. Jenjang WUSTHA dan ULYA, diperuntukkan bagi peserta yang telah mengikuti dan memiliki sertifikat lulus jenjang sebelumnya.

Tiap jenjang ditempuh selama tiga kali pertemuan setiap minggu di dalam kelas dan waktu tak terbatas di luar kelas. Sistem bimbingan berlaku di luar kelas melalui media sosial kolektif yang dibentuk anggota tiap kelas.

Jenjang Materi Pelaksanaan
ULA 1 Seputar Takhrij dan Metodenya 13, 14, 15 April 2018
ULA 2 Seputar Studi Sanad 20, 21, 22 April 2018
WUSTHA Seputar Jarh wa al-Ta’dil 27, 28, 29 April 2018
WUSTHA Seputar Studi Matan 4, 5, 6 Mei 2018
ULYA Seputar Studi Pemahaman Hadis 11, 12, 13 Mei 2018

Sekolah Hadis Darus-Sunnah akan diisi oleh sembilan tenaga pengajar yang berkompeten dalam bidang hadis, yaitu:

  1. Ust. Dr. Shofin Sugito, Lc. MA
  2. Ust. Dr. Arrazy Hasyim, Lc., MA
  3. Ust. Dr. Ahmad ‘Ubaydi Hasbillah, Lc., MA.
  4. Ust. Muhammad Ali Wafa, Lc., S.S.I
  5. Ust. Muhammad Hanifuddin, Lc., S.S.I
  6. Ust. Ulin Nuha, Lc., S.S.I
  7. Ust. Badrut Tamam, Lc., S.S.I
  8. Ust. Muhammad Masrur Irsyadi, Lc., S.S.I
  9. Ust. Izzah Farhatin Ilmi, Lc., S.S.I

Cara Kerja Madrasah

Madrasah Hadis Darus-Sunnah berjalan temporal sesuai dengan jenjang dan kuota peserta yang terdaftar. Madrasah akan dilaksanakan pada hari-hari weekend (Sabtu-Minggu) selama tiga minggu di tiap jenjangnya. Kelas akan dilangsungkan selama 2 jam mulai pukul 09.00 – 11.00 (mentor bisa leluasa menambah waktu pembelajaran ketika dibutuhkan). [atau bisa dibuat skema lain]

Jenjang pertama diperuntukkan bagi seluruh kalangan (masyarakat umum/ mahasiswa S1/S2/S3). Jenjang kedua diperuntukkan bagi mahasiswa S2/S3 atau mahasiswa S1 yang memiliki sertifikat madrasah jenjang pertama. Jenjang kedua diperuntukkan bagi mahasiswa S3 atau mahasiswa S2 yang memiliki sertifikat madrasah jenjang kedua serta mahasiswa S1 yang memiliki sertifikat di dua jenjang sebelumnya. Cara kerja yang sama berlaku untuk jenjang-jenjang setelahnya.

Tawaran dan Keuntungan

Peserta akan dibimbing full selama masa jenjang pembelajaran (3 minggu), baik di dalam kelas (min. 6 jam selama 3 minggu) dan di luar kelas (tidak terbatas). Peserta akan mendapatkan akomodasi berupa modul dan konsumsi beserta sertifikat tiap jenjang yang ditempuh. Peserta yang istiqamah dan menuntaskan lima jenjang pendidikan di Madrasah Hadis akan diwisuda dengan dianugerahi ijazah berikut sanad keilmuan hadis Darus-Sunnah yang muttashil hingga Rasulillah SAW.

Selain itu, selama masa pembelajaran di Madrasah Hadis, para peserta bebas mengikuti seluruh kegiatan, baik akademik maupun non akademik, yang terselenggara di Darus-Sunnah. Para peserta juga bisa berbaur dengan para mahasantri hadis dan menikmati atmosfer Pesantren Hadis Darus-Sunnah; pesantren pertama di Indonesia yang fokus pada pengembangan diskursus hadis dan memiliki skema pembelajaran yang terstruktur serta terencana.

Demi efektifitas pendidikan di Madrasah Hadis Darus-Sunnah, maka setiap jenjang akan dibatasi 100 orang dengan rasio 20 orang setiap kelas dengan satu mentor.

Untuk biaya masing-masing jenjang:

  • ULA 1 : Rp 150.000,-
  • ULA 2 : Rp 150.000,-
  • WUSTHA : Rp 400.000,-
  • ULYA : Rp 250.000,-

Dengan catatan, potongan khusus bagi yang mendaftar 4 jenjang sekaligus

Untuk pendaftaran dan Info Lebih Lanjut, bisa menghubungi:

0857 0207 8526 (Umam Ahmad)

0856 9585 9009 (Arina Hilma)

Leave a Reply