SANTRI KELAS III MDS IKUTI UNBK; Salah Satu Media Evaluasi Pendidikan Keagamaan Berbasis Sains dan Kewarganegaraan

Mulai hari ini, Jum’at 4 Mei 2018 hingga Ahad 6 Mei 2018, santri Madrasah Darus-Sunnah (MDS) Ciputat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK N I Tangsel. Ada 6 mata pelajaran yang diujikan. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika, IPA, dan IPS. Dalam beberapa bulan terakhir, khusus kelas III diadakan program pengayaan dan persiapan mengikuti UNBK. Mulai dari training motivasi, membahas soal-soal UN, simulasi, sinkronisasi program bahasa, hingga pembentukan tim mentoring tiap mata pelajaran.

Sebelum hari pelaksanaan tiba, beberapa santri menyatakan kesiapannya dalam mengerjakan soal-soal UNBK. Mereka merasa enjoy, karena selama 3 tahun terakhir, materi-materi yang terdapat dalam soal-soal UN sudah dipelajari. Persiapan tinggal fokus pada pembiasaan mengerjakan soal saja.

Sebagaimana juga dinyatakan oleh ust. Saiful Rijal, Lc., selaku wali kelas III MDS, siswa kelas 3 nampak sudah sangat siap. Salah satunya, sedari awal materi-materi UN sudah dipelajari secara intens di Madrasah. Baik melalui pelajaran di kelas, maupun pengayaan pengetahuan yang ditopang oleh Lembaga Bahasa dan Lembaga Sains Madrasah Darus-Sunnah.

Sebagaimana diketahui, struktur kurikulum MDS juga menyinkronkan mata pelajaran kurikulum 2013. Bentuknya adalah pendidikan keagamaan berbasis sains, seperti Matematika dan IPA. Pendidikan keagamaan berbasis kebahasaan, semisal bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Dan juga pendidikan agama berbasis kewarganegaraan, semisal mata pelajaran PPKn.

Oleh karena itu, UNBK dipandang perlu dan penting sebagai salah satu bentuk evaluasi proses pembelajaran selama 3 tahun terakhir. Dengan wasilah mengikuti ragam pembelajaran dan persiapan, semoga kemampuan santri MDS lebih terasah. Semoga sukses dan berkah ilmunya.

Leave a Reply