DARUS-SUNNAH DAN TRADISI LAUNCHING BUKU; 9 Judul Buku Karya Kiai, Asatidz, dan Santri

Hari ini, Sabtu 22 September 2018, Ma’had Darus-Sunnah kembali melaunching buku. Setiap tahun, tepatnya di moment wisuda sarjana, pesantren yang takhashus di bidang hadis tersebut selalu meluncurkan buku baru. Tradisi ini merupakan pengejawantahan dari pesan KH.Prof.Dr. Ali Mustafa Yaqub, MA (1952-2016). Di banyak kesempatan, beliau senantiasa memotivasi santrinya untuk berkarya. Motivasi itu tersimpul dalam sebuah jargon “Pantanglah mati sebelum menulis buku!” (wa la tamutunna illa wa antum katibun).

Di antara kesembilan buku yang diluncurkan di Wisma Syahida Inn di atas adalah terbitan ulang karya Kiai Ali Mustafa Yaqub yang berjudul “Nasihat Nabi Kepada Pembaca dan Penghafal al-Qur’an”. Sedangkan buku karya Asatidz adalah buku dari riset disertasi, tesis, dan metode praktis belajar kitab kuning. Yang menarik, buku panduan membaca kitab kuning karya Ust. Yunal Isra ini ditulis dan sudah digunakan langsung selama 5 tahun mengajar di Madrasah Darus-Sunnah. Khususnya mata pelajaran tathbiq nahwu.

Sedangkan karya santri, di antaranya ialah buku yang berjudul “Ayo Mondok! Seputar Warna-Warni Kehidupan Santri Baru” karya Abian I’thisham Billah. Santri kelas 1 MDS ini menuangkan kisah dan pengalamannya selama satu tahun terakhir belajar di pesantren. Dengan gaya dan bahasa khas anak usia SMP, Abiyan bertutur serunya menjadi santri baru. Di antaranya ialah mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah yang berbeda. Selain itu, santri cilik asal Madura itu juga bercerita beratnya rasa jauh dari orang tua dan bagaimana mengatasinya.

Selamat. Semoga berkah dan manfaat. Mari berkarya untuk memperkaya jiwa. Berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berkeadaban. (Ust, Muhammad Hanifuddin, Lc., S.S.I, S.Sos)

Leave a Reply