Bertempat di Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences, Ali Mustafa Yaqub Institute (AMY Institute) menyelenggarakan Sekolah Hadis untuk jenjang Ula 1. Sekolah Hadis jenjang Ula 1 ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak Jum’at sampai Ahad, 13 – 15 April 2018. Sekolah Hadis jenjang Ula 1 ini diikuti oleh empat puluh Sembilan peserta yang terdiri dari dua puluh Sembilan peserta laki-laki dan dua puluh peserta perempuan.

Sekolah Hadis untuk jenjang Ula 1 ini terbuka bagi masyarakat umum yang tertarik untuk mempelajari hadis. Peserta yang mengikuti Sekolah Hadis jenjang Ula 1 didominasi oleh kalangan umum dan beberapa mahasiswa juga tampak mendaftar sebagai peserta Sekolah Hadis.
Sekolah Hadis jenjang Ula 1 terbagi atas tiga kelas, A, B dan C, dua kelas untuk peserta laki-laki dan satu kelas untuk peserta perempuan. Masing-masing kelas diisi oleh tenaga pengajar Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences. Kegiatan pembelajaran untuk jenjang Ula 1 diisi dengan materi seputar takhrij hadis. Selama proses belajar, peserta tidak hanya mempelajari teori takhrij saja, namun juga diajarkan praktik men-takhrij, baik secara manual maupun secara digital dengan menggunakan aplikasi Maktabah Syamilah.
Untuk selanjutnya, Sekolah Hadis juga membuka pendaftaran bagi peserta yang ingin melanjutkan jenjang selanjutnya, yaitu jenjang Ula 2 yang akan fokus mempelajari Studi Sanad. Jenjang Ula 2 akan dimulai pada Jum’at, 20 April 2018. (M. Nurullah)

Leave a Reply